UBL MTB XC Race 2012

Kapan ya terakhir kali ikut balapan XC..  Sepertinya sudah lama jantung ini nggak dipaksa buat berdetak kencang banget dan ngotot-ngototan sama orang lain. Untung ada Universitas Budi Luhur yang mengadakan event ini. Sempat heran track MTB XC di Foresta? selama ini Foresta lekat banget dengan road bikenya. Tapi setelah liat track nya ternyata cukup OK, tidak berat tapi ternyata bikin keblinger.

Track ini dasarnya adalah track speed tapi tidak bisa asal main tarik. Kontur tanah yg bumpy di sepanjang track memaksa roda berputar tidak loncer. Belum lagi tanjakan-tanjakan kecil sesudah tikungan memaksa kita mengeluarkan tenaga lebih. Belum lagi jalur didominasi single track dan sebuah tanjakan yang berkelok diawal, sangat memungkinkan tertahan karena tumpukan para pembalap yang tidak bisa mengayuh di tanjakan. Jadi posisi start dan sprint di awal sangat menentukan, tidak heran bila ada insiden saat start, seperti di kelas Senior.

Secara keseluruhan race ini berjalan menarik, cocok juga bila dijadikan beberapa seri dalam setahun karena tracknya memungkinkan pemula yang penasaran ikut balapan atau melatih atlet muda dalam kompetisi resmi. Kalau saya sendiri cukup finish di urutan 17 dari 60 an peserta, ternyata tembok 10 besar itu berat yah 😀

Semua foto dari Oom Petrus fotografer kesayangan kita semua