Pasar Burung Karimata

pasar burung  - aditya wardhana (8)

Mampirlah ke pasar burung Karimata jika sedang di Semarang. Anda bisa menemukan puluhan jenis burung atau bahkan mengikuti kontes burung tingkat daerah di sana. Memang pasar burung ini termasuk pusat perbelanjaan burung terlengkap dan menjadi patokan bagi para konsumen di Semarang dan sekitarnya berkat lokasinya yang bersih, tempatnya yang luas, dan koleksi burungn dan aksesorisnya yang berkualitas bagus.

Berbeda dengan suasana pasar sayur atau pasar ikan, hiruk pikuk para pembeli dan penjual yang tawar menawar harga tak begitu terdengar ramai. Para pembeli dapat memperhatikan suara burung dengan seksama tanpa terganggu dengan suara gaduh sebelum menentukan pilihan. Sebagai tempat bersosialisasi pengunjung pasar  burung ini kadangkala juga tidak semuanya membeli, ada yang sekedar nongkrong, bersenda gurau, atau berkonsultasi dengan membandingkan kualitas suara burung peliharaannya yang akan dimajukan dalam kontes dengan burung yang ada di pasaran.

Salah satu atraksi menarik yang sering dilakukan untuk mengusir jenuh di pasar ini adalah gabur doro templek (menerbangkan merpati yang sejodoh). Cukup menakjubkan melihat kecerdasan merpati yang bisa terbang meliuk dengan kecepatan tinggi supaya bisa kembali ke tempat pasangannya berada.