Pulau Harapan

Setelah sekian lama absen wara-wiri di kawasan Pulau Seribu, akhirnya kemarin saya kembali menjejakkan kaki di pelabuhan Muara Angke juga. Tujuan kali ini adalah Pulau Harapan, pulau yang sepertinya menjadi populer akhir-akhir ini. Tidak terlalu jauh, hanya 1 jam perjalanan dari Pulau Pramuka kita sudah sampai di pulau yang baru saja berkembang menjadi daerah wisata.

Ketibaan kita disana biasanya disambut oleh segerombolan becak yang sudah punah di Jakarta dan sedikit celotehan dengan logat sunda. Orientasi tempat dilakukan secara singkat . Pulau Harapan cukup padat penduduknya, masuk ke dalam area pemukimannya rasanya mirip masuk salah satu perkampungan di kelurahan Gandaria Jakarta Selatan. Masyarakat di Pulau Harapan adalah sosok-sosok yang mandiri dan penuh semangat, mereka lebih memilih untuk membuat bubu sendiri daripada membeli dalam jumlah yang sedikit.

Tidak afdol rasanya ke kawasan Pulau Seribu tanpa island hopping dan inilah beberapa snapsoot kemarin. Sebenarnya saya belum terlalu puas mengexplore Pulau Harapan dan Pulau Kelapa, daerah pemukiman orang Bugis. Beruntung sekarang banyak jasa organiser trip kolektif ke kawasan Pulau Seribu, tinggal berharap saja punya waktu yang pas untuk kembali lagi.