Etape 1 – 2 – 3 Srikandi Inspirasi Bagi Negeri

Etape 1
Jepara – Demak – Purwodadi – Solo

Jepara seperti yang kita tahu adalah tempat lahir RA Kartini dan Jepara adalah titik awal perjalanan tim 21 Srikandi. Etape pertama dari total enam etape Srikandi “Inspirasi Bagi Negeri” 2012 ini menempuh jarak 119 km. Para Srikandi akan dilepas oleh Bupati Jepara dan komunitas sepeda Jepara, lalu disuguhi cuaca ala daerah pesisir, kering dan berangin, kodisi akan naik turun saat menyusuri kaki Gunung Muria ke selatan hingga Demak. Lepas Demak menuju Purwodadi jalanan sedikit menajak, tapi saat mendekati kota Demak jalanan dominan turunan. Siang hari jalur flat akan mendominasi hingga kawasan Waduk Kedungombo dan kemudian kembali ramah hingga kota Solo.

 

Etape 2
Solo – Kartosuro – Klaten – Prambanan – Jogja

Untuk etape kedua Srikandi “Inspirasi Bagi Negeri” 2012 rasanya tidak ada tantangan yang berarti. Jalan Ringroad Solo – Jogja yang besar dengan bahu jalan yang lebar membuat rombongan peloton akan terus rapat dengan kecepatan tinggi.  Rasanya 66 km akan dilahap dengan cepat dan para peserta bisa beristirahat lebih awal. Di Jogja, para peserta dijadwalkan akan bertemu dengan Sri Sultan di Keraton, sedikit berwisata di daerah kerajinan dan sejarah, lalu bersilaturahmi dengan komunitas sepeda di Jogja.

 

Etape 3
Jogja – Wates – Purworejo – Kebumen – Gombong

Setelah istirahat 1 hari, para Srikandi direncanakan akan dilepas oleh B2W Jogja. Etape ketiga sepanjang 129 km diawali dengan menyusuri kaki dataran tinggi Kokap dan Kaligesing Kulonprogo. Tapi rute selanjutnya akan dipenuhi pemandangan yang indah dan angin kencang. Jalur didominasi oleh jalan datar dan sedikit menanjak dari Karanganyar hingga Gombong. Tiba di Gombong Para Srikandi akan disambut komunitas bersepeda di Gombong.