Batu Caves

batu cave- Aditya WArdhana (8)

Batu Cave merupakan salah satu kuil Hindu yang paling terkenal di luar India. Berlokasi di dalam goa gamping yang besar dengan 272 buah anak tangga pendakian yang curam, suasana temaram juga tercipta berkat penerangan sinar matahari yang tidak merata, dan tetesan air dari stalaktit seolah menjaga dan menyeleksi pendatang supaya tetap menjaga suasana khidmat. Belum lagi aroma kemenyan bercampur dengan kotoran kelelawar menambah suasana Batu Cave cukup mencekam.

Batu Cave terletak di Gombak – Malaysia yang mayoritas masyarakatnya keturunan Tamil, maka tidak heran bila kuil Batu Caves didedikasikan untuk Dewa Murugan. Dewa Murugan sendiri merupakan sosok panglima para dewa dan dianggap sebagai dewa pelindung negeri Tamil.

Dalam benak saya dua belas tahun yang lalu Batu Caves adalah kuil yang besar dan semrawut, selain dipadati oleh pengunjung Batu Cave juga dihuni oleh kambing dan monyet. Namun sekarang kuil ini sudah menjelma menjadi tujuan wisata yang bagus dan berhasil menarik jutaan pengunjung terlebih saat festival Thaipusam berlangsung.