Jepara – Solo | Awal dari 588 Km

Etape perdana ke-21 Srikandi diawali dari Jepara, rombongan di lepas oleh bupati Jepara dan komunitas bersepeda Jepara, beberapa dari mereka mencegat di jalan, bahkan ikut mengawal para Srikandi hingga Solo. Di jalan beberapa Srikandi diwanti-wanti bahwa di Kedung Ombo tanjakan rolling sudah menanti.

Menuju Demak, ke-21 Srikandi di semangati oleh anak-anak sekolah yang menyambut di pinggir jalan. Ke-21 Srikandi tambah bersemangat dan terpacu untuk menempuh perjalanan ini. Kondisi touring yang sebenar-benarnya baru dirasakan mereka saat melewati jalanan rusak, cuaca panas, dan hantaman angin di tengah sawah.

Seperti yang Marta Murfeni katakan bahwa etape pertama adalah etape yang paling berat, karena ada perasaan campur aduk antara demam panggung dengan antusiasme, belum lagi ada kendala teknis di sepeda yang baru disadari saat berjalan di medan tertentu. Pace peloton ideal, namun ada insiden kecil yang menyebabkan salah satu dari mereka terjatuh, namun tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.  Support dari teman-teman 21 Hanoman juga sangat rapi dan sigap mengatasi segala masalah teknis maupun non teknis.

Kawalan ternyata juga kami dapatkan di Demak bersama Oglek, komunitas penggemar sepeda lawas asal Demak. Seru melihat penampilan 21 Srikandi dengan rack & pannier, sedangkan mereka full dengan kostum dan aksesoris lawas. Di Kedung Ombo medan rolling dengan view bagus dan dikelilingi pepohonan rimbun. Namun karena tenaga sudah terkuras para Srikandi yang tenaganya sudah kedodoran, terpaksa harus sedikit di dorong.

Waktu tempuh meleset dari perkiraan, namun hal tersebut dapat dimaklumi karena frekuensi berhenti yang cukup banyak, baik untuk cek tekanan darah, istirahatm sholat dan makan sudah biasa di hari touring pertama. 154 Km akhirnya terlewati dengan waktu tempuh 7 jam 26 menit dan kecepatan rata-rata 20.7 Kpj, memberikan sebuah pengalaman baru bagi para peserta yang baru pertama kali menempuh jarak 100 km lebih. Srikandi disambut di Gedung Wanita Sasana Krida pada pukul 20:00 WIB dengan diikuti rombongan sepeda yang mengular.