Hari Kartini di Tempat Kelahiran RA Kartini

Di kota besar umumnya perayaan Hari Kartini hanya dilangsungkan di lingkungan sekolah. Tetapi di Mayong, kota tempat kelahiran RA Kartini, Hari Kartini dirayakan secara besar-besaran. Di kota tersebut ada festival yang berlangsung 3 hari yang melibatkan seluruh warga dan berhasil mengumpulkan pengunjung hingga ke kota-kota sekitarnya.

Hari ini, ke-21 Srikandi berkesempatan mengunjungi Museum RA Kartini. Di museum RA Kartini ke-21 Srikandi melihat tulisan tangan Kartini dan membaca kutipan yang membuat merinding. Betapa kecil perjuangan kita semua, dibandingkan era RA Kartini, Hari saat informasi bisa diakses dengan mudah ada yang bisa menguasai lebih dr 20 bahasa?

Lanjut ke Mayong, tempat perayaan Hari Kartini dilangsungkan, disana para 21 Srikandi mengunjungi tempat ari-ari RA Kartini dikubur dan disambut oleh Camat setempat.  Atas saran pak Camat dan pemandu kami diajak untuk membasuh muka dari sumur  yang katanya bikin panjang umur namun tidak lupa juga meminta mohon restu Ibu Kartini agar perjalanan #21Srikandi lancar. Singkatnya kami merasa bahwa ke 21 Srikandi disambut dengan hangat dan antusias oleh warga Jepara, khususnya oleh komunitas sepeda Jepara.