Velib: Velo Liberte!

bike to work sepeda sebagai transportasi

Masih segar rasanya saat jalur sepeda sepanjang Taman Ayodia – Blok M terwujud  realisasinya. Kebijakan ini tentu memancing pendapat pesepeda, ada yang pro dan ada juga yang kontra. Banyak yang menganggap bahwa jalur sepeda tersebut hanyalah proyek cari muka dan peletakannya tidak masuk akal, tapi nyatanya jalur sepeda di beberapa daerah di Jabodetabek mulai dibuat. Dari pada perdebatan tersebut dibahas lebih panjang, sebagai selingan mari kita melancong sejenak melihat fasilitas bersepeda di negara maju.

moda transportasi sepeda

Mari kita bayangkan penyewaan sepeda di tempat wisata seperti Ancol dan Ragunan, sekarang bayangkan penerapannya di kota dengan sistem pemakaian dan pembayaran yang lebih terintegrasi. Velib adalah sepeda sewaan sebagai moda transportasi alternatif yang bisa digunakan di seluruh Paris. Pemerintah kota sepertinya mengharapkan penduduk Paris memanfaatkan transportasi publik dan Velib sebagai feeder dari konsep mix commuting, terbukti pos terminal yang selalu ada di sekitar stasiun metro, pasar, dan pusat kota yang memudahkan mobilitas pengguna Velib.

Spesifikasi sepeda ini nggak neko-neko, praktis dan fungsional. Ada keranjang untuk mengangkut bawaan, dinamo untuk penerangan, dan fender yang menutup penuh roda dan rantai sehingga kita tidak perlu khawatir kotor terkena cipratan bekas hujan atau kotor akibat gemuk sepeda. Sistem internal gear 3 speed digunakan untuk mengurangi resiko derailleur rusak dan rantai yang kusut karena shifter berubah saat berhenti.

sepeda sebagai moda transportasi

Setiap sepeda Velib dilengkapi instruksi safety driving dan tata krama lalu lintas. Walaupun petunjuk safety nya lengkap, tapi sepertinya tidak ada anjuran bagi penggunanya untuk menggunakan helm, mungkin itu tandanya orang-orang disana lebih waras dan lebih menghargai hak sesama pengguna jalan.

sepeda sebagai moda transportasi

Dasar geometri framenya diperuntukkan untuk digowes santai. Jangankan hotpants, dengan rok mini pun perempuan bisa tetap dengan mudah menaiki Velib karena top tube nya yang rendah. Anehnya bobot sepeda ini cukup berat bisa dibandingkan dengan sepeda biasa mungkin sengaja dibuat begitu supaya tidak ringkih.

Sistem pembayaran untuk menggunakan Velib bisa menggukankan kartu micro payment atau kartu kredit. Data pemakai diambil untuk daftar keanggotaan, mendebit biaya jaminan, dan nomer pin mulai dari 1 hari, 1 minggu, atau 1 tahun, baru kemudian anggota dikenakan biaya pemakaian Velib dari  EUR 0 bila penggunaannya kurang dari setengah jam hingga EUR 4 untuk pemakaian lebih dari 4 jam. Agak mahal? Mungkin, tapi mempertimbangkan kondiri Eropa yang sedang banyak pemogokan apabila transportasi umum kota Paris suatu hari lumpuh karena pemogokan, Velib akan tetap ada untuk melayani .

Oiya jangan lupa untuk memilih Velib yang kondisinya baik supaya tidak repot dijalan karena keteledoran pengguna sebelumnya. Walaupun ada bengkel yang ditunjuk untuk memperbaiki Velibe rusak tetap saja perjalanan yang lancar akan lebih menyenangkan.