Touring Puas, Singkat & Murah

Kenapa sih nggak touring?

“Cuma bisa libur Sabtu-Minggu aja soalnya, touring kan mahal di ongkos, nggak punya duit, takut kenapa-napa di jalan..”

Kalau jawabannya seperti di atas mungkin postingan kali ini bisa sedikit memberi pencerahan.

Jawa Barat adalah jawabannya

Membayangkan berpetualang di Jawa Barat tentu tidak seliar bila membayangkan bertualang di daerah Indonesia timur.

Tapi dengan pertimbangan terletak kurang lebih 160 km dari Jakarta relatif dekat bila ditempuh dengan berbagai moda transportasi. Kondisi geografis Jawa Barat yang banyak pegunungan, pasti menyajikan jalur tanjakan yang memandu kita kepada pemandangan yang indah. Warganya yang santai, ramah, dan terbuka pada pendatang membuat kita aman dan nyaman apabila berinteraksi dengan warga setempat, baik meminta informasi atau meminta pertolongan.

Selepas pulang dari touring Tasikjiwa 2011 kemarin, saya melewati beberapa rute yang sepertinya bagus untuk dijelajahi. Googling saja Ciwidey, Curug Malela, Cikajang, Talaga Remis, Kampung Naga, Pantai Sawarna, dan Tanjung Lesung. Semua sangat memungkinkan dijelajahi dengan waktu dua hari. Kalaupun masih dianggap masih terlalu mepet, kita bisa start dari Bandung, Garut atau Rangkasbitung, dengan menggunakan bis atau kereta bila berencana berangkat dari kantor di sekitar Gambir.

Sebuah pengalaman yang berharga bagi saya untuk mengetahui adat dan fakta-fakta menarik di suatu daerah apabila kita bisa bergaul dengan warga setempat atau dipersilakan untuk menginap di rumahnya. Karena itu penting bagi kita untuk membawa rokok, permen & coklat untuk anak kecil, atau kopi sebagai alat pencair suasana.

Senang rasanya bisa pergi bersepeda, pulang dengan membawa wawasan, dan mengikat tali persaudaraan dengan seseorang dari antah berantah.