Maleber

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dari beberapa kali  sepedaan di sini (salah satunya keep riding on any sunday), akhirnya bisa juga main bener-bener diniatin dan bisa bikin review tentang Maleber.

Track maleber berada di perkebunan teh Maleber di lereng timur gunung Gede Pangrango, berbatasan antara Cipanas dengan Cianjur dengan ketinggian 1.300 MDPL. Bila kita berjalan terus selama 5 jam kita bisa sampai di puncak Gunung Gede.

Track Maleber sebetulnya bukan track umum untuk bersepeda, selama saya bertanya-tanya kepada orang yang bekerja di ladang tidak pernah ada pesepeda yang bermain disini kecual motor pengangkut sayur dan motor trail. Panjang track hanya 9 km, seperti biasa miring ke atas, dan mayoritas jalur makadam.

Jalur makadamnya cukup sadis karena bongkahan batunya besar tapi beruntung beberapa bagian ada jalan semen yang bisa digunakan untuk menghemat tenaga. Sepanjang jalan kita akan disuguhi pemandangan dari Gunung Gede Pangrango, kebun teh, dan perkebunan sayuran. Jika sedang musim panen turun dari sini kantong ini bisa penuh dengan brokoli, labu siem, atau wortel.

Di jalur ini nyaris tidak ada gangguan dari joki, warung, dan teteh. Jadi persiapkan segala hal dengan baik, track ini walaupun pendek, tapi bisa mengeluarkan keringat dari setiap kayuhan kita.