5 Cara Membangun Performa

Pekerjaan dan kesibukan kadang membuat kita harus jauh dari sepeda, tentu tidak mudah untuk mengembalikan performa seperti sedia kala. Apa harus kita lakukan dengan kondisi badan yang sering begadang dan makan tidak teratur? Berikut ini adalah 5 cara untuk mengembalikan performa seperti sedia kala, beberapa diantaranya mungkin akan sedikit menyakitkan. 😀

Tips disadur dari http://www.bike198.com untuk versi aslinya bisa dibaca di http://issuu.com/goshgosh/docs/5-tips

Jarak Dengan Ketinggian

Cara tercepat untuk kembali ke kondisi prima untuk mtb adalah bersepeda dengan jarak yang cukup jauh. Ketika kita mengkombinasikan jarak dengan kontur tanah yang perubahan ketinggiannya cukup terasa,  kita berarti memaksa badan dan menempa kondisinya dalam wa ktu yang singkat.  Bawa air dan coklat yang cukup, latihan ini akan membuat badan kita kaget terutama pada kaki dan perut.

Goweslah dengan santai, tidak perlu risau soal waktu untuk awal latihan. Apabila kita memaksa agar bisa sama kuat seperti sedang fit, kita justru akan kram atau bahkan cedera.

Road Biking

Bersepeda di jalan merupakan cara yang baik untuk berlatih saat cuaca buruk atau jalur offroad sedang basah. Ini juga salah satu cara melatih endurance. Dengan membuat putaran kayuhan kita konstan dan diselingi sprint dengan gigi ringan akan membangun pondasi endurance kita jadi lebih baik. Untuk lebih jelas mengenai latihan RPM bisa dibaca di post sebelumnya.

Workout Program

Lakukan core training seperti push up dan sit up untuk membuat tubuh secara teknis lebih baik dilihat. Meningkatkan core strength selalu baik untuk badan, ini juga menjaga dan menambah endurance. Saat akhir pekan tiba, setidaknya badan kita sudah siap untuk menerima impact dari medan offroad sehingga badan kita tidak rentan cedera.

Lari

Yang diperlukan hanyalah niat dan dua buah kaki, ini adalah bentuk latihan yang paling sederhana. Dengan berlari berarti kita akan melatih power yang digunakan untuk mengayuh pedal. Lari juga membangun kepadatan tulang sehingga menjauhkan diri kita dari cedera saat bersepeda di medan offroad. Latihan lari bagus dipadukan dengan latihan RPM karena kedua latihan ini saling mengisi dengan meingkatkan power dan endurance kita.

Makan Sehat

Sepertinya ini adalah jenis latihan yang terberat. Bersepeda adalah hobi sehingga kita bisa bersenang senang di atas sepeda, sedangkan menjaga dispilin makan merupakan tugas yang sulit, mengingat makanan yang tidak sehat itu bisanya justru yang paling enak. Mungkin dengan makan tidak berlebihan dengan porsi latihan yang cukup akan menutup kekurangan menu makan kita .