Setting cockpit di sepeda

Mungkin sebagian besar dari kita sepedaan udah lama dan jago selap – selip di jalan raya, tapi kenapa kok begitu main di tanah manuver sepeda kita nggak bisa selincah di jalan raya ya? Ehm main di medan offroard memang butuh ekstra skill yang bisa didapat dari latihan dan pengalaman kalo kita rajin main.

Tapi sadar nggak sih kalau kita jarang memperhatikan setting dan posisi cockpit? Kebanyakan dari kita mungkin cuman ngecek kelancaran fungsi dari rem atau shifter. Settingan cockpit kita juga mungkin belum pernah diubah-ubah sejak dari settingan mekanik bengkel tempat kita ngerakit. Padahal setting cockpit cukup memengaruhi seberapa nyaman dan cepatnya tangan kita mengontrol sepeda.

Dari pada kita misuh-misuh dan berencana ganti sepeda buat offroad mendingan kita luangin waktu sebentar buat setting cockpit kita mumpung ada artikel menarik dari bikeradar yang juga ngebahas ini

Bar Rotation

Semua handlebar biasanya punya bagian melengkung yang cenderung ke belakang (backsweep ), nah coba aja putar-putar handlebar kita supaya dapetin jarak yang pas dan nyaman sebelum kita ganti stem, semuanya tergantung dari selera pribadi dan gaya main kita. Tapi biasanya posisi yang paling netral itu kalau kita set backsweepnya mendekati vertikal. Kalau kita pakai flatbar posisi stangnya seperti huruf U.

Stem angle

Cari mana yang lebih nyaman stem dipasang negatif (menunduk) atau dipasang positif (mendongak). Biasanya stem negatif itu lebih enak dipakai menanjak dan dapetin akselerasi, sedangkan stem positif lebih enak dipakai turunan dan jalan jauh. Begitu selesai, pastikan posisikan stem lurus, caranya putar handlebar 180 derajat , samakan stem dengan top tube seupaya tegak lurus.

Grip

Grip bonus bawaan sepeda biasanya hanya sekedar pelengkap supaya genggaman nggak licin, tapi untuk kenyamanannya agak kurang. Sebisa mungkin cari lock-on grip yang lebih baik dengan merk yang asli supaya genggaman mantab,  nyaman, dan memudahkan proses setting ini.

Bar ends

Pasang bar end adalah salah satu cara untuk ngedongkrak power untuk nanjak dan sprint. Atur sudut bar ends supaya kita punya alternatif posisi berkendara saat bersepeda

Brake position & brake reach

Normalnya brake lever dipasang mentok ke pangkal grip. Setting ini memang rapi dilihat tapi settingan ini memaksa kita untuk mencengkram brake lever dengan tenaga ekstra . Coba digeser kurang lebih 3cm menjauhi grip, ini akan memengaruhi kontrol handling kita dengan lebih efisien.

Angle of dangle

Kendorkan baut brake lever kita, atur kemiringan lever supaya sesuai sudut tangan kita saat mengendarai sepeda normal. Buat yang hobi di turunan akan lebih nyaman kalo settingan mendekati horiozontal untuk kompensasi saat posisi badan kita mundur kebelakang, begitu juga berlaku kebalikan saat kita menanjak. Jangan lupa posisi shifter juga harus mudah diraih dan nyaman saat digunakan.

Trimming the bar

Sesuaikan lebar handlebar sesuai pundak kita. Cara yang paling aman sebelum dipotong adalah dengan menggeser semua cockpit kita menyesuaikan kebutuhan kita. Setelah yakin barulah kita potong sisanya. Pastikan semua simetris dan berada di tengah, bergeser beberapa cm mungkin nggak akan berpengaruh di mata tapi akan jadi masalah besar kalau kita sedang melahap tanjakan panjang atau bersepeda lebih dar 2 jam.

Sumber artikel dan foto : http://www.bikeradar.com/gear/article/workshop-setting-up-the-cockpit-on-your-mountain-bike-20662