United Nucleus Review

First Impression

Tubing kotaknya, geometrinya yg cukup slooping, dan beberapa dudukan penguat frame rasanya kok frame ini bener2 minta di siksa di setiap medan.Kalo sekilas diliat kok mirip2 Diablo/Tyrano ya, cuman yg punya toko keukeuh bilang mirip Specialized Hardrock. Bentuk headset yg support model integrated ditambah lagi material alumunium 6061 bunyinya bener-bener beda waktu diketok, jelas ini merupakan upgrade yg cukup berarti dari Dominate.


The Looks

Ngeliat Stripping gaya abstrak ga jelas dan kombinasi warna yg ga asik yaah Nucleus rasanya nggak akan menang kalo diikutin beauty contest 😀 seenggaknya kalo lecet dan bocel2 nggak akan begitu keliatan. Tapi jujur liat tulisan UNITED dengan gaya scrap text bener2 keren.


This Review Specs

frame : United Nucleus 2008

fork : RS Pilot SL

groupset : Alivio plus plus

tire : CST Caballero 2.25


The Ride

Puas dicoba weekend kemarin di UI dan JPG, mungkin frame ini menjawab kebutuhan buat orang-orang yg gaya mainnya XC gradak-gruduk Frame ini mungkin nggak seringan KHS Alite tapi frame ini lebih mantab buat ngelibas turunan dan bisa ditekuk lebih rebah waktu ngelahap tikungan-tikungan yang technical. Dua hal ini yg bikin pede buat nggak ngurangin kecepatan waktu ngelahap drop off bahkan dibuat ngeloncatin selokan kecil di bagian akhir2 track JPG terasa lebih mudah. Bener – bener diluar ekspektasi waktu nyobain frame ini buat manuver lebih pede pake Nucleus dibanding Alite Team.


Misses

Bobot 😀 dan jelas jauh ngebandingin frame ini dengan frame hardtail yg high-end. Berasa perlu ngeluarin tenaga extra buat ngejar orang waktu di tanjakan panjang dan dapetin akselasi yg sebanding. Rasa-rasanya karena frame nya lebih pendek maka daya lecut waktu pedalling agak berkurang kalo dibanding dengan Alite 4000.


Clossing

Cukup pakai travel 100 dan ban diatas 1.95 .. Buat saya rasanya Nucleus nggak akan ngecewain di setiap tanjakan dan turunan.

Ngeliat dari performanya apa mungkin Nucleus ini Infinite versi murmer?

special thx Formula Bike